Senin, 30 April 2012

Hi-Octan




PENGENALAN NILAI OKTAN
Bensin, agaknya sudah bukan merupakan hal yang baru untuk kita. Merupakan satu dari dua jenis BBM yang digunakan secara umum di Indonesia untuk mobil dan motor, bensin memang merupakan BBM terbanyak yang digunakan oleh kendaraan di negeri tercinta ini. Terdapat 3 (tiga) jenis bensin yang diperjualbelikan, yaitu premium (Nilai oktan 88), pertamax (Nilai oktan 92), pertamax plus ( nilai oktan 95).
Seperti yang kita ketahui bersama, Nilai oktan adalah suatu angka/nilai yang digunakan untuk menentukan titik bakar bensin pada suhu atau tekanan tertentu. Standarisasi Nilai Oktan didapat dari perhitungan titik bakar bensin apabila bensin hanya merupakan campuran dari heptana dan iso-oktan. Sebagai ilustrasi, apabila campuran bensin terdiri dari 88% iso-oktan dan 12% heptana, maka didapat Nilai Oktan bensin tersebut sebesar 88. Tinggal diukur pada suhu atau tekanan bebarapa bensin tersebut terbakar, maka didapat standarisasi Nilai Oktan
Dalam kenyataannya, terlalu mahal untuk mendapatkan atau membuat bensin yang hanya terdiri dari heptana dan iso-oktan. Biasanya hasil penyulingan dari minyak bumi yang digunakan untuk membuat bensin adalah : pentana, hexana, heptana, oktana, dekana, dan dodekana. Keenam jenis ini merupakan senyawa hidrokarbon yang dicampurkan dengan komposisi tertentu untuk menghasilkan bensin dengan nilai oktan tertentu(88, 92, dan 95).
Sangat sering terjadi, hasil penyulingan minyak bumi menghasilkan jumlah masing-masing dari keenam senyawa hidrokarbon diatas tidak mungkin mencukupi untuk membuat komposisi bensin dengan Nilai Oktan sesuai dengan yang diharapkan. Karena itu perusahaan penyulingan minyak tersebut harus melakukan konversi pada bensin tersebut agar didapat bensin dengan Nilai Oktan yang diinginkan. Konversi bisa dilakukan dengan cara memecah rantai karbon, menambah atau menggabungkan rantai karbon, atau bisa juga dengan mengubah isomer dari larutan-larutan bensin tersebut. Konversi dilakukan dengan menggunakan satu atau beberapa cara diatas melalui pertimbangan efisiensi biaya.
BENSIN BEROKTAN TINGGI DI INDONESIA
Hampir semua kendaraan yang berbasisi bensin, kurang lebih 10 tahun terakhir ini dirancang untuk menggunakan bensin dengan Nilai Oktan minimal 92. Beberapa keuntungan menggunakan bensin beroktan tinggi (Nilai Oktan 92 dan 95) adalah:
Mengoptimalkan proses pembakaran pada mesin dan antiknocking
Bensin yang beroktan tinggi memiliki titik bakar bensin pada suhu atau tekanan yang tinggi, artinya bensin akan lebih lambat terbakar tetapi memiliki kekuatan ledak yang lebih besar. Kekuatan ledak bensin ini akan diubah menjadi energi gerak piston untuk memutarkan roda. Karena kekuatan daya ledaknya lebih besar, maka energi gerak yang tercipta lebih besar sehingga tenaga mesin pun meningkat, serta terjadi optimalisasi penggunaan energi oleh mesin. Adanya optimalisasi energi berarti adanya penghematan bensin yang digunakan oleh mesin. Di samping itu, ledakan awal di piston (bensin terbakar sebelum piston sampai di posisi terendah, disebut juga knocking) tidak akan terjadi sehingga mesin lebih terawat.

Mengurangi Emisi Gas CO (karbon Monoksida)
Seperti kita ketahui bersama, gas CO dan jelaga terbentuk apabila proses pembakaran berjalan tidak sempurna. Ketika proses pembakaran sempurna, maka yang terbentuk adalah CO2. CO jauh lebih mudah diserap oleh tubuh melalui pernafasan dan berakibat terjadinya sesak nafas serta menurunnya kadar O2 pada otak. Hal ini mengakibatkan pusing dan mual, pingsan bahkan kematian apabila konsentrasi CO di tubuh sangat tinggi. Dalam jangka waktu lama, penimbunan CO sedikit demi sedikit pada tubuh juga mengakibatkan rentannya paru-paru sehingga lebih mudah untuk terjangkiti penyakit. Pada akhirnya berakibat pada menurunnya kualitas kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan.
Merawat mesin lebih baik
Di samping sebagai anti-knocking, pembakaran yang sempurna juga turut mengurangi residu (kotoran/jelaga) hasil pembakaran. Biasanya residu-residu ini menempel pada mesin, mengoksidasi logam mesin sehingga menjadi kerak (karat) pada mesin. Dengan berkurangnya residu hasil pembakaran, maka penyebab kerak pada mesin pun berkurang. Sehingga mesin menjadi lebih awet.
Dengan besarnya manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan bensin beroktan tinggi, sudah seyogyanya kita mulai beralih dari bensin beroktan 88, menjadi pengguna bensin beroktan 92 atau 95. Sayangnya. Disparitas harga yang sangat tinggi antara bensin beroktan 88 dan bensin beroktan tinggi menjadikan hal ini susah dilakukan oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Mari kita bandingkan sedikit ilustrasi perbandingan harga di Indonesia. Misalkan harga bensin beroktan 88 berharga Rp. 4.500,00,- bensin beroktan 92 berharga Rp. 8500,00,- dan bensin beroktan 95 berharga Rp. 9000,00,-. Mari kita lihat ilustari perbandingan di bawah ini :
Volume Bensin Total Harga Bensin "88" Total Harga Bensin "92" Total Harga Bensin "95" Total Perbedaan Harga



Dengan perbedaanyang sangat besar ini, sangat berat bagi kebanyakan masyarakat Indonesia untuk menggunakan bensin beroktan tinggi, apalagi dalam kondisi sekarang ini.
HI-OCTAN SEBAGAI SOLUSI
Merupakan suatu ironi, ketika masyarakat mulai menyadari akan manfaat dari bensin beroktan tinggi untuk penghematan, perawatan mesin, dan peningkatan kualitas kesehatan, masyarakat tidak mampu untuk membeli bensin beroktan tinggi karena tingginya harga bensin jenis tersebut. Padahal tingginya harga bensin beroktan tinggi itu lebih disebabkan karena kesepakatan internasional dalam menetapkan harga bensin ini, bukan karena mahalnya proses konversi bensin!
Berpijak dari kepedulian inilah, maka HI-OCTAN di-release sebagai solusi bagi seluruh masyarakat yang telah menyadari pentingnya penggunaan bensin beroktan tinggi tetapi dengan harga terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. HI-OCTAN menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan berasal dari negeri kita sendiri, serta menggunakan teknologi penghasil additif bensin yang dapat meningkatkan Nilai Oktan bensin setara dengan bensin beroktan tinggi. Additif bensin ini dapat meningkatkan kalori di dalam bensin dan mengkonversi bensin dengan cara isomerisasi (tanpa mengubah rumus kimia di dalam bensin) sehingga Nilai Oktan meningkat.
HI-OCTAN merupakan additif bensin yang dilarutkan dalam pelarut senyawa hidrokarbon dengan alasan sebagai berikut :
Bentuk cair dari HI-OCTAN menjamin bahwa hanya dibutuhkan hitungan detik untuk mencampurkan HI-OCTAN dengan bensin dalam tengki bensin, sehingga pengguna dapat langsung merasakan efek dari HI-OCTAN tidak lama setelah HI-OCTAN dicampurkan dengan bensin di tengki.
Pengguna HI-OCTAN dapat melihat secara langsung bahwa additif bensin dalam HI-OCTAN sepenuhnya larut dalam senyawa hidrokarbon (Note: bensin juga merupakan campuran dari beberapa senyawa hidrokarbon) sehingga menjamin tidak akan ada kerak yang terjadi didalam tengki bensin begitu HI-OCTAN dicampurkan.
(HI-OCTAN)
Adalah produk peningkat oktan BBM, meningkatkan Nilai Oktan Bensin Premium menjadi setara Pertamax atau Pertamax Plus. Satu botol berisi 80ml, dengan mencampurkan ke dalam 1 liter Premium, 1ml GPB meningkatkan nilai oktan menjadi setara Pertamax atau Pertamax Plus.
Berikut ini adalah manfaat penggunaan HI-OCTAN :
1. Meningkatkan Nilai Oktan setara dengan Pertamax atau Pertamax Plus.
2. Mengurangi emisi dan ramah lingkungan.
3. Mengoptimalkan proses pembakaran pada mesin.
4. Menghemat biaya perawatan mesin.
5. Menghemat bahan bakar hingga 20%.
6. Meningkatkan kinerja mesin.
7. Membuat suara mesin menjadi lebih halus.

KOMPOSISI YANG DISARANKAN :
- 1ml untuk 1 liter bensin Premium (oktan 88) menaikan bilangan Oktan setara dengan Pertamax (oktan 92).
- 2ml untuk 1 liter bensin Pertamax (oktan 88) menaikan bilangan Oktan setara dengan Pertamax Plus (oktan 95).

Harga:
Lvl 2 Rp. 30.000,- isi 60ml
Lvl 3 Rp. 35.000,- isi 60ml


8 komentar:

Anonim mengatakan...

Los Lunas is a town southwest of Albuquerque in New Mexico.

State Education Rankings: California Graduation Rates. (ID cards have been successfully used as a required form of identification in foreign countries.


my website ruidoso new mexico attractions

Anonim mengatakan...

If you have promised to do a certain amount of work in the time duration then it should
be completed at any cost and under any circumstances. Really know what can wait and who must be paid without delay.
You will be successful in your handmade leather bags business.


Also visit my web-site :: the Home Business advertiser

Anonim mengatakan...

An important side note: the reader should know that children may not exhibit symptoms after
contracting Hepatitis. Plan a far-off adventure or
a quick weekend getaway with the help of more than 350 exhibitors from Mexico to the Philippines to Pocono Mountains.

If something has gone wrong, complain in a normal tone and
speak slowly.

Here is my weblog mango tours travel agency philippines

Anonim mengatakan...

Purchаsing oldег domain namеs ωіll likely get a website notiсed quiсκer on Bing.
The best pаrt about organiс seaгch engine oрtimіzаtiοn hoω tо bеst buѕinеss
praсtices without Seаrch Еngine
Оptimіzаtiοn Companiеs аre available onlinе and one can sеlect keyωordѕ ωith decent traffic but onlу
fеω webѕitеscompеting foг high гanκings.
With Ѕingарore Sеarсh Engine Оptimіzаtiоn Hoω
Тo serѵіces thе only thing that proves
аn Search Enginе Оptimizаtiοn How Το consultant's worth is the numbers.

Also visit my weblog: improve search engine placement

Anonim mengatakan...

Order: Kristen Suzanne's Raw Food Recipesweight loss recipes Irish Soda Bread Recipeweight loss recipes Irish Soda Bread RecipeQuick and Easy RecipeGreat weight loss recipes Breakfast Recipe.

Here is my web-site - athlete diet

Anonim mengatakan...

There are various keyword density checkers available free
online that will give the optimizer an instant result.

So, the store owners are thinking along with the newest market trends and establishing a website
from a single page that lists all locations.

My site :: Futuresinger.Com

Anonim mengatakan...

In a recent study by an internet marketing strategy that
can have great rewards. It gives the ability of outranking
other search engines. Finally with a new one. The service also
reflects the extremely crowded nature of the job is makes
sense to put these in the most advantageous structure and sequence.

Does Web Search Engine Link Pro Work? This method of
increasing site traffic is highly effective and these allow to monitor traffic of a website
on their laptops, computers, etc.

My page :: seo copywriting

Wigi mengatakan...

Minat gan, order donk gmn caranya?

Posting Komentar