Senin, 30 April 2012

Tips Mencari Konsumen Baru

Tips Mencari Konsumen Baru Didalam mencari konsumen baru ada beberapa cara :

1. Melalui konsumen yang ada (rekomendasi)

Kalau kita sudah mempunyai konsumen, alangkah baiknya dari daftar yang ada kita gali kembali untuk mendapatkan turunan dari konsumen-konsumenlama kita. Bisa hubungan saudara, bisa hubungan rekan kerja, tetangga,sahabat , bahkan orang-orang yang mereka tidak kenal tetapi dapat memberitahu nama dan dimana kita bisa mencari mereka. Misal di kampung sebelah sepertinya ada saudagar yang biasa ambil garam dalam jumlah yang banyak, datangi saja kampung sebelah dan cari orangnya.

2. Mengajukanpenawaran-penawaran baru dalam bentuk proposal (program)

Bikin penawaran-pernawaran tertutup kepada perusahaan, komunitas, LSM , hotel, instansi tertentu sesuai dengan produk/ jasa yang kita punya. Tawarkan dengan hadiah tertentu sehingga orang tertarik membeli produk atau memakai jasa kita.

3. Proposal terbuka(iklan/selebaran)

Bikin penawaran penawaran sensional. Gunakan tehnik UltimateSelling , Powerfull Promise, Sensasional Offer ( Marketing Revolution, Tung Desem Waringin). Bikin orang tertarik penawaran kita, kalau tidak mau menyesal luar biasa,dan bila mau mendapatkan banyak keuntungan.

4. Tunggu bola (konvensional)

Istilah lama tapi banyak orang tidak menyadarinya dan mengkoreksi aksinya. Contoh gampang adalah buka toko atau restoran, pasang papan nama dan tunggu konsumen datang. Berharap orang tau kalau makanannya enak dan langsung menjadi langganan. Kalo perlu langsung promosikan ke orang lain dan bawa rombongan yang lebih besar. …. ada yang aneh ya?

5. Jemput bola (modern)

Masa sekarang yang paling sering orang mulai lakukan adalah promosi dan membangun brand image (promosi yang tidak berdampak langsung ke penjualan). Membikin program-program kerja dan memberikan banyak hadiah (undian ) supaya dagangannya laku atau memakai jasa dari perusahaan yang mengiklankan. Konsumen di jemput / didatangi langsung , entah di kos2an nya (direct selling) atau di mall dan di cafe

6. Kejar bola (masa depan)

Ini adalah gambaran marketing di masa depan. Sedikit mirip dengan jemput bola, tetapi akan terus mengejar sampai konsumen beralih menggunakanproduk atau jasa kita. Tetapi menggunakan cara-cara yang legal. Pemahamannya sebagai berikut, pada saat saya memegang dealer sepeda motor,setiap kali kami promosi keliling keliling pasar (canvasing)dan mendapatkan prospek (orang yang menunjukan minat untuk membeli sepeda motor dari kami) langsung kami akan mengejarnya. Kita datangi rumahnya dengan seolah-olah kebetulan lewat, menanyakan alamat tetangga yang tidak pernah nyata. Mengirimkan hadiah-hadiah sederhana seperti kalender, stiker atau gantungan kunci. Bahkan mengirimkan brosur-brosur baru, atau paling nyentrik adalah kami meminjamkan sepeda motor impian mereka. Baru paling nyentrik, tetapi yang mbahnya ekstrim adalah setelah berapa kali kunjungan dan melihat pelung kami 50% + 1 tidak pake mikir dua kali langsung kami kesana membawa sepeda motor baru yang diinginkanmereka dan langsung meminta syarat-syarat untuk mengurus surat kendaraan.

Admin Citarip Portal Shop

2 komentar:

Rizal mengatakan...

thx ilmunya gan

yunny carnie mengatakan...

thanks uda berbagi tips...

Posting Komentar